Efek salju biasa

*

Jumat, 25 November 2011

Bagaimana belajar gitar tanpa guru?


                 Belajar memainkan gitar cenderung mengutamakan praktek, jadi dalam mempelajari setiap bab dari buku ini hendaknya selalu bersama gitar pada posisi siap dimainkan. Bermain Gitar lebih bersifat olah keterampilan mengandalkan sinkronisasi terkendali gerakan otot tangan dan jari (serupa dengan berolah raga). Mempelajari ilmu pengetahuan bisa dilakukan hanya dengan membaca tapi untuk memainkan gitar, khususnya solo gitar / Gitar Tunggal  harus dengan latihan berkesinambungan yang memerlukan pengaturan waktu. Mempelajari artikel ini tidak sama dengan membaca novel atau tabloid, butuh kesabaran untuk membaca dan berlatih hingga anda bisa menjadi pemain Solo Gitar terampil.
 Ada tiga hal penting yang harus dilakukan dan dijadikan acuan dalam belajar solo gitar tanpa guru, yakni:
  1. Hendaknya posisi tangan dalam memegang gitar senantiasa pada posisi sesuai dengan yang diuraikan pada bab 2 (posisi memainkan gitar).Bagi yang belum terbiasa, posisi ini sangat sulit dan terasa tidak nyaman, namun dengan membiasakan diri pada posisi tersebut akhirnya terasa nyaman juga, bahkan sangat membantu pada waktu memainkan musik dengan tingkat kesulitan yang tinggi.
  2. Hendaknya tidak tergesa-gesa mempelajari setiap bahasan dari artikel ini. Dianjurkan untuk benar-benar menguasai pelajaran awal terlebih dahulu sampai  paham dan lancar memainkan lagu-lagu latihan yg diberikan sebelum anda masuk ke pelajaran / pokok bahasan berikutnya. Anda “belajar sendiri”, artinya guru anda bukan orang lain, anda adalah guru yang mengevaluasi tingkat kemajuan anda sendiri. Terburu-buru melompat ke bahasan tingkat lanjut akan mengalami banyak kesulitan yang disebabkan “belum cukup keterampilan teknis”, akhirnya membuat anda frustrasi, malas mengulang kembali bab sebelumnya dan semangat belajar / berlatih menurun.
  3. Pada waktu anda mengalami kesulitan dalam suatu bab, jangan pernah merasa “tidak mampu atau tidak berbakat apalagi patah semangat”. Kesulitan-kesulitan yang timbul dalam pelajaran ini “ sangat lumrah” dan akan dialami oleh setiap orang, hal ini terjadi “hanya karena anda belum terbiasa”. Yakinlah bahwa “anda memiliki potensi, anda berbakat”, untuk menggali potensi dan mengasah bakat tersebut diperlukan kesabaran, teliti dan rajin mengulang pelajaran yang masih anda rasa sulit / belum dikuasai. Karena anda belajar tanpa guru maka baca dan pelajari baik-baik uraian dan ilustrasi dalam setiap bab, sediakan waktu khusus untuk berlatih setiap hari antara setengah sampai satu jam atau sekitar 4 jam dalam seminggu. Selang waktu sebulan anda evaluasi kembali, maka anda akan heran dengan tingkat kemajuan anda sendiri.

1 komentar:

  1. Salam kenal...
    Bagi yg ingin memperdalam gitar dalam berbagai tehnik silahkan kunjungi juga www.gitarzoom.blogspot.com
    trims

    BalasHapus